Rabu, 28 Oktober 2015

Perkembangan Teknologi di Indonesia

Perkembangan Teknologi di Indonesia

Sebagai makhluk sosial, kita tidak dapat terlepas dari perkembangan zaman dengan majunya teknologi informasi dan komunikasi.Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi telah membawa banyak perubahan di berbagai macam aspek. Salah satu kemajuan pesat ditunjukkan melalui bagian teknologi internet. Di Indonesia, teknologi informasi sedang berkembang sangat besar dimana, hal ini membawa banyak hal positif terutama bagi kemajuan masyarakat Indonesia. Walaupun masih tertinggal dari negara lainnya dalam teknologi informasi, rakyat Indonesia sendiri telah mengalami banyak hal yang sangat besar dalam kehidupan mereka. Hal ini mempengaruhi banyak hal serta membawa banyak hal positif bagi kemajuan bangsa Indonesia. Berikut ini, akan dijelaskan mengenai beberapa hal terkait kemajuan teknologi informasi serta manfaat yang telah dirasakan oleh sebagian besar rakyat Indonesia.

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia yang belum merata

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kemajuan teknologi informasi tentunya membawa pengaruh besar bagi rakyat Indonesia. Penyampaian informasi, pesan dan hal lainnya menjadi lebih cepat. Hal ini tentunya membawa hal yang sangat besar demi kemajuan bangsa. Namun, kemajuan ini juga turut diikuti dengan masalah yang meliputi bidang teknologi informasi. Manfaat yang tentu kita rasakan adalah kita bisa mendapat banyak informasi melalui banyak hal seperti internet. Internet menjadi salah satu media yang sangat terkenal dan sering digunakan oleh banyak orang. Dunia pendidikan menjadi salah satu bidang yang terbantu akan adanya internet dimana, banyak orang dapat mengakses banyak informasi yang digunakan untuk hal belajar-mengajar.


Kenyataannya,perkembangan teknologi di Indonesia sendiri belum merata. Hanya kota-kota besar yang telah menerima kemajuan teknologi tersebut. Untuk kota-kota yang terletak di daerah yang sulit dijangkau maka, sudah pasti kemajuan teknologi informasi tidak akan mereka rasakan. Hal ini menjadi salah satu kendala penting yang harus segera dipecahkan oleh pemerintah. Jika tidak, maka hal ini akan menjadi hal yang timpang dimana, kemajuan tidak dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia dan hanya dirasakan oleh beberapa orang saja. Untuk itu, perlu adanya pemerataan seperti pembangunan koneksi internet lewat kerjasama antara perusahaan penyedia internet dengan pemerintah agar, penyediaan koneksi internet bisa segera dilakukan bagi beberapa daerah yang jauh.


Selain perkembangan yang belum merata, kemajuan teknologi informasi seringkali digunakan untuk hal yang salah. Salah satu contoh yang paling sering terjadi dan menjadi masalah penting bagi setiap orang adalah masalah pornografi serta hal-hal berbahaya lainnya yang tentunya bisa diakses melalui internet. Mengenai masalah ini, pemerintah perlu lebih waspada dalam menangkal berbagai macam situs berbahaya atau hal lainnya yang dapat mengakibatkan hal buruk bagi rakyat Indonesia. Selain itu,masih banyak hal berbahaya lainnya yang juga bisa ada di dunia internet. Tentunya, kemajuan teknologi informasi harus digunakan seefektif mungkin untuk membawa hal positif bagi rakyat Indonesia.http://www.tentangnusantara.com/2015/06/masalah-perkembangan-teknologi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar